Skip to main content

PENTINGNYA #METIME


“Me time” merupakan salah satu bentuk dari menjaga kesehatan diri atau “Self Care”. Self care merupakan cara kita untuk memperhatikan dan merawat diri kita sendiri, baik dari segi fisik maupun psikis. Sehingga tercipta kestabilan dan dapat merasa nyaman dan tentram dengan diri sendiri.



Ada beberapa tipe dari self care, dan “Me Time “ merupakan cara dalam melakukan self care. Berikut merupakan jenis jenis dari self care, antara lain:

- Fisik
Menjaga asupan makanan, olah raga, istirahat, dll

- Emosi
Mengelola emosi dan tekanan, mengembangkan kematangan psikologis, memaafkan, berpikir positif, dan tetap waras.

- Sosial
Komunikasi efektif dan asertif, menciptakan boundaries, mengembangkan support syatem positif, kebersamaan, dll

- Spiritual
Yoga, meditasi

- Personal
Mengembangkan hobby, memehami kelebihan dan kekurangan diri sendiri, menghargai diri

- Space
Lingkungan yang teratur dan sehat, Keamanan dan kestabilan lingkungan, keteraturan

- Financial
Pengelolaan keuangan, pembuatan budget, tabungan dan investasi, membayar tagihan

- Work
Lingkungan kerja yang positif, belajar, management waktu

Walaupun manusia adalah makhluk sosial, namun ada kalanya kita membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Namun, ditengah rutinitas dan kesibukan sehari-hari, sering kita merasa stress atau tertekan, sehingga “me time” ini dibutuhkan untuk sejenak mengistirahatkan pikiran dan mengisi kembali energi yang sudah terkuras. Diketahui, meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat meningkatkan kesehatan mental. Namun tentunya hal ini harus dilakukan secara tepat dan positif agar daoat memberikan manfaat bagi keadaan psikologis kita.

Berikut beberapa manfaat yang didapat , antara lain :
- Memperbaiki fokus dan konsentrasi.
Rutinitas harian dapat membuat seseorang merasa jenuh dan lelah, sehingga kemampuan untuk fokus dan konsentrasi biasanya akan mengalami penurunan karena kognisi kita dipaksa untuk terus berpikir berat. Meluangkan waktu dengan melakukan “me time” dapat mengistirahatkan sejenak pikiran kita, sehingga akan dapat kembali fokus dan konsentrasi.

- Meningkatkan produktifitas
Dengan kemamnpuan fokus dan konsentrasi yang baik, pada umumnya akan mempengaruhi kualitas kerja, sehingga dapat meningkatkan produktifitas seseorang

- Kesempatan untuk lebih mengenal dan memahami diri sendiri.
Keseharian kita biasanya disibukkan dengan bertemunya kita dengan orang orang lain, baik di lingkungan tempat tinggal, kantor, dll. Sehingga kita terbiasa untuk melebur sudut pandang kita, pemikiran kita, dan juga kegiatan kita dengan orang lain. Dengan melakukan “me time” kita dapat bereksplorasi dengan diri sendiri, merasakan apa yang membuat kita menjadi lebih tenang, santai, dan nyaman. Hal ini membuat kita menjadi lebih mengerti apa yang kita sukai dan kita tidak sukai, kegiatan apa yang dapat membuat kita termotivasi dan kembali bersemangat.

- Salah satu cara untuk mengelola stress.
Dengan merasa nyaman dan tenang setelah melakukan “me time”, tentunya hal tersebut mempengaruhi kestabilan emosi seseorang. Karena perasaan nyaman, bahagia, tenang dapat memperbaiki mood dan mengelola tekanan yang sedang dihadapi.

- Memperbaiki hubungan dengan orang lain.
Sangat mungkin dalam sosialisasi kita mengalami konflik dengan orang lain, baik itu pasangan, keluarga, teman, ataupun masyarakat tertentu. Dengan meluangkan waktu untuk sendiri, kita dapat menurunkan emosi dan melihat apa yang terjadi dalam relasi kita dengan orang lain. Apakah memang konflik terjadi karena kesalahan kita atau karena ada perbedaan pendapat, atau terjadi salah persepsi. Sehingga kita akan menjadi lebih siap untuk meminta maaf ataupun berdiskusi dengan orang lain secara asertif dan bijaksana.

- Meningkatkan kemampuan sosialisasi.
Dalam keseharian, pada umumnya kita berinteraksi dengan berbagai kalangan masyarakat. Dengan beristirahat sejenak dari hiruk pikuk rutinitas harian, kita dapat menghayati bagaimana peremanan kita dengan lingkungan masyarakat, sehingga kita dapat melihat apakah pertemanan tersebut sehat atau tidak, dan bisa memahami apa yang sebaiknya dilakukan untuk memahami lingkungan tertentu sehingga kita dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan mudah

Namun, yang perlu diingat adalah jenis “me time” yang terbaik bisa samgat berbeda antara seseorang dengan orang lainnya. Karena “me time” ini sangat disesuaikan dengan kondisi masing masing. Sangat kungkin seseorang bisa merasa nyaman setelah melakukan “creambath”, tetapi yang lain malah merasa sakit dan tidak nyaman saat melakukan creambath. Sehingga memang dibutuhkan orang yang bersangkutan untuk lebih memahami diri masing masing. Sehingga tau apa yang dapat membuatnya merasa lebih rileks dan tenang.

Ada baiknya kita rutin melakukan “me time” agar kondisi mental kita juga bisa menjadi tetap stabil. Misalnya dengan menyisihkan setengah jam setiap harinya untuk melakukan “me time”.

“Me time” juga memiliki banyak variasi, misalnya :
- Aktifitas fisik : Jalan kaki, bersepeda, yoga
- Hobby : Memasak, berkebun, melukis
- Sosial : Bertemu dengan teman teman atau menelepon untuk saling bertukar pikiran dan perasaan
- Spiritual : berdoa, beribadah di tempat ibadah
- Rileksasi : Creambath, meditasi

Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan “me time”, anda tidak menjadi egois dengan melakukan “me time”. Yang terpenting adalah “me time” digunakan sesuai porsinya dan untuk hal yang positif, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh kita. Dan tentunya “me time” yang dilakukan secara baik ini dapat meningkatkan kesehatan kita baik fisik maupun mental.

Berikut hasil rangkuman dari kulwap Rena Masri, S. Psi, M. Si, Psikolog
Psikolog klinis dewasa
Selengkapnya bisa langsung ke @renamasri
www.renamasri.com

Comments

Popular posts from this blog

SKY CASTLE (Review Drama Korea)

Beberapa hari ini hati merasa sedih resah karna berita hangat yang lagi banyak diperbincangkan kasus kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja perempuan kepada seorang remaja lain. Ironi ya moms... kasus ini sempat berujung damai dikarenakan salah satu dari para pelaku anak dari seseorang yang punya pengaruh besar di Pontianak. Lagi-lagi keresahanku makin menjadi karna sampai sekarang masih ada saja orang tua yang dengan kata lain tidak membiarkan anaknya "sakit" (di lindungi padahal melakukan kesalahan yang fatal-red) untuk mendapatkan pelajaran dari perbuatan penyimpangan yang mereka lakukan. Anak-anak itu dibiarkan sakit demi sebuah gelar nama orang tua. Adilkah? Rasanya pas sekali kalau aku sekalian share review aku tentang drama Korea yang bercerita tentang kehidupan keluarga di Korea. Sky Castle drama Korea keluarga yang di sutradara Jo Hyun-tak (20 episode) dibintangi oleh artis-artis Korea senior diantaranya : Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra &

Era Digital dimata amam Ana ^^

Semua serba mudah & cepat. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan handphone. Ngga ada alasan untuk ngga belanja bulanan, sekarang jamannya serba online, moms semua tetap bisa belanja bulanan walaupun dari rumah. Tidak ada alasan untuk ngga bisa pergi jauh karna kesulitan dengan masalah transportasi, jasa transportasi saat ini sudah lengkap dari mulai ojek online, taxi online, sampai mobil box untuk angkut semua packingan barang pindahan kita pun ada. Mau perawatan seperti disalon ngga perlu repot pergi ke salon, aplikasi jasa treatment salon pun saat ini ada, ngga punya tenaga lebih untuk membersihkan rumah, jangan sedih moms jasa bersih-bersih pun lengkap tersedia, dari mulai jasa membersihkan Ac, sofa, sampai hewan peliharaan. Bersyukur sekali bisa merasakan semua kemudahan ini berkat peran digital yang semakin berkembang di Indonesia. Peran digital pun juga sudah mempengaruhi perekonomian bangsa, banyak akhirnya tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari menjadi dr

Dumbo - Review Film

Sayangilah keluargamu & Jangan takut untuk bermimpi, iya...itu pesan yang aku tangkap dari film DUMBO ini. Film keluarga yang mempunyai pesan moral kehidupan yang bagus, senang sekali bisa ajak mas & mba sama-sama nonton film ini. Di film ini diceritakan impian sederhana dari seekor gajah yang special karna kekurangannya, keinginan terbesarnya hanyalah ingin bersama ibunya :* Dumbo terlahir dari ibu gajah yang menjadi anggota sirkus, dia special karna memiliki kelainan fisik namun tidak patah semangat membuktikan kepada orang-orang sekitar kalau dia special. Iya justru kekurangannya yang membuat dia mempunyai kelebihan yang bahkan gajah yang lainpun tidak memilikinya. Perjuangannya untuk menjadi special adalah karna dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya dengan tulus yang mampu mewujudkan impiannya. Aaahhhh... sempet berkali-kali berkaca-kaca Karna ternyata mamas menangkap pesan dari film itu, berkali-kali dia ngomong "kasian ya amam DUMBOny