Skip to main content

My-Music, My Support System.

Haii moms orami semua, buat yang baru banget baca blog aku, boleh yah aku kenalan sebentar. Aku Triana seorang ibu dengan 2 orang anak yang terdiagnosa Pulmonary Hypertension (kondisi hipertensi paru yang dapat mengganggu kinerja jantung. Salah satu penyakit langka dan belum bisa dilakukan tindakan medis di Indonesia serta biaya pengobatannya pun tidak murah). Penyakit ini menjadikanku harus mengkonsumsi obat jantung dan obat yang dapat membuat aliran darah di paru2 ku stabil, setiap harinya sampai hari ini. Untuk lebih jelasnya tentang penyakit Pulmonary Hypertension yang selama ini aku alami moms bisa langsung check IG stories ku ya moms @Trianafebrianny.

Kebetulan sekali hampir 2tahun ini keadaan hipertensi paruku stabil dengan kata lain aku baru kembali pulih dan bisa kembali menjalankan aktifitasku lagi. Walau tidak bisa selincah dulu, namun aku sangat bersyukur sekali. Semua itu bisa terwujud karna adanya dukungan support sytem (suami, anak dan keluarga lainnya) yang sangat menyanyangi aku dan terus memberi semangat aku. Dan itupun menjadi salah satu faktor kepulihanku saat ini. Namun bukan hanya itu saja moms, ada juga faktor support system penyematku yang selalu menemani hari-hariku moms, salah satunya mendengarkan musik kesukaan. Kebiasaan mendengarkan musik kesenangan ternyata juga bisa menjadi salah satu faktor positif support system buat ku. Cara yang sederhana namun ampuh yang terus membuat aku menjadi semangat setiap harinya dengan kondiri sebagai seorang PHsurvivor.

Tidak bisa dipungkiri musik menemani kita setiap hari bahkan setiap saat. Bukan hanya musik yang kita dengar, tayangan televisipun menyajikan iklan dengan banyak iringan musik dari bagai berbagai genre didalamnya. Bahkan ada beberapa iklan televisi yang mencover atau hanya mengganti lirik dari sebuah lagu dalam musik tertentu. Musik juga dapat membuat kita lebih semangat dalam melakukan aktifitas. Kehadiran dari musik membuat aktifitas kita menjadi lebih berwarna dan penuh semangat. Dari mulai berolah raga, membersihkan rumah sampai saat menyetir kendaraan.
Musik juga sangat mendukung berhasilnya suatu karya, seperti contohnya film. Banyak sekali film bagus yang soundtracknya juga di sukai dan menjadi buming, contohnya film "Ada apa dengan Cinta".

Kalo bicara soal musik, sedari kecil aku sudah suka sekali dengan musik. Kebetulan saat aku kecil tante, kakak dan lingkungan sekitarku suka mendengarkan musik. Jadi dari kecil aku sudah terbiasa mendengarkan musik setiap harinya. Saat remaja mendengarkan band kesenangan adalah salah satu aktifitas menyenangkan yang bisa menyemati hari -hari, sampai hari ini. Dan saat aku terdiagnosa dan menjalani hari dengan tambahan tittle PHsurvivor musik tetap terus menemaniku. Walaupun sekarang lebih menyukai lagu-lagu dengan lirik yang kuat.

Entah mengapa aku tertarik dengan segala sesuatu yang agak sedikit berbeda dari orang kebanyakan, itupun berlaku juga dalam musik dan termasuk musisi Indonesia kesenangan aku. Entahlah...tapi inilah selera ku. Berbicara sesuatu yang berbeda, kedua band kesenanganku ini memang agak berbeda aliran musiknya seperti band kebanyakan yang mungkin moms sering dengar di terlevisi atau radio. Ada beberapa band favorit kesenangan aku yang berjaya pada tahun 2000an saat aku masih remaja. Tapi tetap yang paling paling paling sangat aku suka adalah Whiteshoes And The Couple Company, The Adams serta musisi Indonesia lain diantaranya Tulus, Yura Yunita dan Kunto Ajie. Mendengarkan lagu favorit mereka membuat semangat aku otomatis juga bertambah moms. Kata-kata di lirik lagi mereka bukan hanya kuat, tapi juga membuat aku lebih bersemangat menjalani hari-hariku. Kenyataannya semuanya menjadi lebih, lebih happy.

Buat aku musik menjadi salah satu support system penyemangat hari-hari ku sebagai seorang #PHsurvivor ini benar adanya moms.
Selain untuk mood booster ternyata musik juga baik bagi kesehatan lho moms. Mendengarkan musik menjadi salah satu media yang aku gunakan dalam menyalurkan semua keresahan dan kesedihannku saat dulu pertama aku merasa sedih saat terdiagnosa sebagai seorang PHsurvivor.
Terdiagnosa sebagai salah satu #PHsurvivor yang masih belum banyak orang yang mengetahui tentang penyakit ini memang suatu pengalaman terberatku, bahkan sampai saat ini. Di tahun awal aku terdiagnosa, dalam beberapa bulan aku harus menjalankan perawatan opname karna kondisi jantungku, harus meninggalkan kedua anakku yang sedang lucu-lucunya, demi memyebuhkan kinerja jantung aku yang kurang optimal karna hipertensi paruku pada saat itu. Disaat aku menginap menjadi pasien di Rumah Sakitlah musik terus menemaniku, selain lantunan ayat Al-Qur'an dan membaca buku kesukaan, tentunya lagu-lagu dari dua band kesenangan inilah Whiteshoes and The Couples Company, The Adams ditambah lagu-lagu dari Tulus, Yura Yunita dan Kunto Ajie lah yang menemaniku.
Lagu terfavorit "Bersadar, Glorius Time, Manusia Kuat, Buka Hati dan Rehat" menjadi lagu paling sering aku dengarkan. Kekuatan dari lirik lagu dari mereka diatas terasa nyaman dikuping dan hati aku moms, juga kekuatan lirik dari lagu mereka mampu memberikan aku semangat baru dan akhirnya membuat aku semangatku juga bangkit untuk kembali beraktifas lagi seperti sekarang ini.
Musik dari lagu merekalah yang membuat aku tidak merasa sendiri dan bisa berdamai dengan rasa terpuruk dari penyakit Paru Hipertensi yang aku alami.


Banyak penelitian yang sudah membuktikan salah satunya data di google bahwa musik dapat menghasilkan rasa bahagia yang efeknya bisa mengurangi tekanan darah, meredakan stress, bahkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta bisa menjaga kesehatan otak. 
Mungkin juga karna itu jugalah akhirnya aku pun sudah merasakan efek positif dari mendengarkan musik kesukaan, perasaan selalu happy, lebih mencintai diri sendiri, dan mampu menerima diri dengan apa adanya. Semua rasa damai ini tercipta salah satunya karna sering mendengarkan musik kesukaan menjadi salah satu faktor pendukung membaiknya kondisi PHku, merasa jauh lebih sehat dan semangat setiap harinya, lalu aku bisa kembali beraktifitas lagi dan terbukti hasil medis PHku terus membaik setiap tahunnya. (Masya Allah tabarakallah)

Iyaaa....jadinya musik adalah salah satu positive support system buatku moms. Musik selalu jadi teman ku di kala beres-beres rumah, masak, menikmati me time, sampai saat menyetir kendaraan. Lebih happy bikin rumahku selalu bersih, karna semangat terus untuk beres-beres rumah, masakanku jadi lebih enak karna masaknya sambil putar lagu favorit dan bisa punya ide menulis saat me time, sudah ngga masalah harus grocery tanpa diantar suami.. keren ya moms efeknya. Malah terkadang lirik lagu bisa jadi salah satu ide untuk menulis sesuatu lho moms.

Lagu-lagu dari band kesayangan Whiteshoes and the couples company, the Adams, Tulus, Yura Yunika dan Kunto Ajie menjadi musik kesukaan aku moms. Banyak lagi sih musisi Indonesia kesayangan aku lainnya tapi yang terfavorit mereka. Akupun jadi bisa menjadi lebih semangat setiap harinya dalam melakukan akttifitas. Terbuktikan...perasaan damai dan tenang bisa buat happy hidup aman terkendali.
Siapa disini yang sama seperti aku, semangat lagi setelah denger musik kesukaan?

Jika moms bosan atau ingin dengar sesuatu yang berbeda moms bisa juga lho mencoba mendengarkan lagu dari musisi Indonesia kesukaan aku juga lho moms, siapa tau bisa mempunyai ide yang baru buat moms semua.

 See you soon moms :*


#phsurvivor #musik #bikinhappy #happyterus #yabeginidehibuibu

Comments

Popular posts from this blog

SKY CASTLE (Review Drama Korea)

Beberapa hari ini hati merasa sedih resah karna berita hangat yang lagi banyak diperbincangkan kasus kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja perempuan kepada seorang remaja lain. Ironi ya moms... kasus ini sempat berujung damai dikarenakan salah satu dari para pelaku anak dari seseorang yang punya pengaruh besar di Pontianak. Lagi-lagi keresahanku makin menjadi karna sampai sekarang masih ada saja orang tua yang dengan kata lain tidak membiarkan anaknya "sakit" (di lindungi padahal melakukan kesalahan yang fatal-red) untuk mendapatkan pelajaran dari perbuatan penyimpangan yang mereka lakukan. Anak-anak itu dibiarkan sakit demi sebuah gelar nama orang tua. Adilkah? Rasanya pas sekali kalau aku sekalian share review aku tentang drama Korea yang bercerita tentang kehidupan keluarga di Korea. Sky Castle drama Korea keluarga yang di sutradara Jo Hyun-tak (20 episode) dibintangi oleh artis-artis Korea senior diantaranya : Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra &

Era Digital dimata amam Ana ^^

Semua serba mudah & cepat. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan handphone. Ngga ada alasan untuk ngga belanja bulanan, sekarang jamannya serba online, moms semua tetap bisa belanja bulanan walaupun dari rumah. Tidak ada alasan untuk ngga bisa pergi jauh karna kesulitan dengan masalah transportasi, jasa transportasi saat ini sudah lengkap dari mulai ojek online, taxi online, sampai mobil box untuk angkut semua packingan barang pindahan kita pun ada. Mau perawatan seperti disalon ngga perlu repot pergi ke salon, aplikasi jasa treatment salon pun saat ini ada, ngga punya tenaga lebih untuk membersihkan rumah, jangan sedih moms jasa bersih-bersih pun lengkap tersedia, dari mulai jasa membersihkan Ac, sofa, sampai hewan peliharaan. Bersyukur sekali bisa merasakan semua kemudahan ini berkat peran digital yang semakin berkembang di Indonesia. Peran digital pun juga sudah mempengaruhi perekonomian bangsa, banyak akhirnya tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari menjadi dr

Dumbo - Review Film

Sayangilah keluargamu & Jangan takut untuk bermimpi, iya...itu pesan yang aku tangkap dari film DUMBO ini. Film keluarga yang mempunyai pesan moral kehidupan yang bagus, senang sekali bisa ajak mas & mba sama-sama nonton film ini. Di film ini diceritakan impian sederhana dari seekor gajah yang special karna kekurangannya, keinginan terbesarnya hanyalah ingin bersama ibunya :* Dumbo terlahir dari ibu gajah yang menjadi anggota sirkus, dia special karna memiliki kelainan fisik namun tidak patah semangat membuktikan kepada orang-orang sekitar kalau dia special. Iya justru kekurangannya yang membuat dia mempunyai kelebihan yang bahkan gajah yang lainpun tidak memilikinya. Perjuangannya untuk menjadi special adalah karna dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya dengan tulus yang mampu mewujudkan impiannya. Aaahhhh... sempet berkali-kali berkaca-kaca Karna ternyata mamas menangkap pesan dari film itu, berkali-kali dia ngomong "kasian ya amam DUMBOny