Skip to main content

Tradisi Lebaran ku (Day 25)

Masya Allah tabarakallah bisa menikmati ramadhan dengan penuh semangat dan makin percaya diri seperti tahun ini. Banyak sekali hal baik yang aku alami selama bulan ramadhan ini. Menjadi seorang PHsurvivor tak menghalangi aku untuk terus bertumbuh menjadi insan yang lebih baik lagi, apalagi di ramadhan ini, tidak mau melewatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pahala dan semoga semua amal-amalan baik yang kita kerjakan selama ramadhan ini diterima oleh Allah SWT dan semoga semua amalan-amalan yang sudah kita kerjakan menjadi amalan rutin yang terus kita kerjakan diluar bulan ramadhan.

(aamiin aamiin Allahumma aamiin)

Tidak terasa ya moms, lebaran tinggal menghitung hari. Pada saat lebaran nanti pastinya sudah banyak rencana untuk menikmati moment special yang akan kita lakukan bersama keluarga tercita. Moment berlebaran bersama keluarga besar menjadi tradisi yang selalu menyenangkan. Ada rasa berbeda saat kumpul bersama keluarga pada saat lebaran. 


Hangat penuh canda tawa serta sedikit rindu yang yang terasa pada acara kumpul keluarga besar.
Soal tradisi lebaran, memori ku langsung lari ke masa saat aku kecil dulu. Sedari aku kecil keluarga besarku sudah menjalankan tradisi lebaran ini. "Keliling Ramean Silaturahmi" setelah sholat Ied dan kita (seluruh keluarga besar aku) siap menjalankan tradisi lebaran ini, salah satu faktor tradisi lebaran ini tetap kita lakukan karna tempat tinggal kita di lingkungan yang juga sama, alhamdulillah saling berdekatan, jadi setelah saling bermaaf-maafan bersama keluarga dan beberapa dari kita menikmati ketupat sayur buatan keluarga masing-masing lalu mulailah kita melalukan tradisi lebaran kita bersama. Kita seluruh keluarga besarku mempunyai tradisi bersama yaitu keliling silaturahmi dari rumah kerumah disekitar tempat tinggal ku. Jadi kita sekeluarga besar jalan bersama lalu keliling satu persatu ke setiap rumah tetangga disekitar tempat tinggal kita. Kegiatan tradisi lebaran ini menjadi kegiatan yang menyenangkan buat aku pribadi, karna alhamdulillah sampai aku sudah punya dua anak, tradisi keliling ini tetap ada dan dilakukan keluarga besar kita. Setelah selesai keliling kita meluncur untuk kerumah alm. Uyut ini menjadi lebaran kami pertama tanpa beliau. Ini juga jadi salah satu tradisi keluarga besar kita lainnya, setelah berkeliling silaturahmi kita berkumpul sambil menikmati nikmatnya ketupat sayur buatan Uyut sambil bersenda gurau.

Setelah menikah pun tak ada perubahan, alhamdulillah tradisi tetap dijalankan dan tidak ada yang berubah, begitupun tradisi di keluarga suamipun sama, sebelum kerumah alm. Uyut aku dan suami langsung jalan kerumah mertua, sama seperti tradisi lebaran dikeluargaku setelah keliling bermaaf-maafan kami berkumpul di rumah anggota keluarga dari suami yang paling tua namun...lebih heboh suasananya dibanding tradisi lebaran keluargaku, jadi setelah berkeliling, keluarga suaminya mengadakan doa berdoa bersama dan untuk anak-anak ada pembagian ampao, bukan nominalnya namun kelucuan tingkah anak-anak yang menerima ampao dengan gambar berbagai macam motif bahkan tokoh kartun favorit mereka. Ini super heboh, gemeshin dan seru karna semua anak sibuk dengan semua ampao yang mereka terima dari semua keluarga.

Untuk sahabat dekat, biasanya aku kirim kartu ucapan digital lucu melalui handphone atau video call langsung. Walaupun sederhana tapi momen saling memaafkan langsung sangat berharga buat aku. Ini aku lakukan disela-sela acara tradisi lebaran keluarga yang sedang berlangsung, jadi seharian yang namanya lebaran momen saling maaf memaafkan bagaimanapun caranya, jauh dekat tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan momen berlebaran ini.

Apapun tradisinya, esensi dari lebaran adalah kehangatan berkumpul dan bisa bersilaturahmi bersama orang tercinta. Dan menjadi momen yang tepat untuk menjalin silaturahmi dengan yang jauh bagaimanapun caranya di hari kemenangan karna bisa melewati ramadhan penuh dengan berkah dan bisa menikmati hari raya Idul Fitri dengan penuh kasih sayang yang menyenangkan.

Semangat untuk mempersiapkan semua moms, barakallah...Semoga kita dan semua keluarga diberikan panjang umur serta kesehatan untuk bisa menikmati indahnya tradisi lebaran silaturahmi di hari raya nanti :D
((aamiin aamiin Allahumma aamiin))

See you soon moms :*


#bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN
#BPNchallenge2019
#day25
#BPNramadhanchallenge
#BPNnetwork
#BPNblogspotchallenge
#BPN30dayblogspot
#BPN30dayblogspotchallenge
#yabeginidehibuibu
#phsurvivor

Comments

Popular posts from this blog

SKY CASTLE (Review Drama Korea)

Beberapa hari ini hati merasa sedih resah karna berita hangat yang lagi banyak diperbincangkan kasus kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja perempuan kepada seorang remaja lain. Ironi ya moms... kasus ini sempat berujung damai dikarenakan salah satu dari para pelaku anak dari seseorang yang punya pengaruh besar di Pontianak. Lagi-lagi keresahanku makin menjadi karna sampai sekarang masih ada saja orang tua yang dengan kata lain tidak membiarkan anaknya "sakit" (di lindungi padahal melakukan kesalahan yang fatal-red) untuk mendapatkan pelajaran dari perbuatan penyimpangan yang mereka lakukan. Anak-anak itu dibiarkan sakit demi sebuah gelar nama orang tua. Adilkah? Rasanya pas sekali kalau aku sekalian share review aku tentang drama Korea yang bercerita tentang kehidupan keluarga di Korea. Sky Castle drama Korea keluarga yang di sutradara Jo Hyun-tak (20 episode) dibintangi oleh artis-artis Korea senior diantaranya : Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra &

Era Digital dimata amam Ana ^^

Semua serba mudah & cepat. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan handphone. Ngga ada alasan untuk ngga belanja bulanan, sekarang jamannya serba online, moms semua tetap bisa belanja bulanan walaupun dari rumah. Tidak ada alasan untuk ngga bisa pergi jauh karna kesulitan dengan masalah transportasi, jasa transportasi saat ini sudah lengkap dari mulai ojek online, taxi online, sampai mobil box untuk angkut semua packingan barang pindahan kita pun ada. Mau perawatan seperti disalon ngga perlu repot pergi ke salon, aplikasi jasa treatment salon pun saat ini ada, ngga punya tenaga lebih untuk membersihkan rumah, jangan sedih moms jasa bersih-bersih pun lengkap tersedia, dari mulai jasa membersihkan Ac, sofa, sampai hewan peliharaan. Bersyukur sekali bisa merasakan semua kemudahan ini berkat peran digital yang semakin berkembang di Indonesia. Peran digital pun juga sudah mempengaruhi perekonomian bangsa, banyak akhirnya tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari menjadi dr

Dumbo - Review Film

Sayangilah keluargamu & Jangan takut untuk bermimpi, iya...itu pesan yang aku tangkap dari film DUMBO ini. Film keluarga yang mempunyai pesan moral kehidupan yang bagus, senang sekali bisa ajak mas & mba sama-sama nonton film ini. Di film ini diceritakan impian sederhana dari seekor gajah yang special karna kekurangannya, keinginan terbesarnya hanyalah ingin bersama ibunya :* Dumbo terlahir dari ibu gajah yang menjadi anggota sirkus, dia special karna memiliki kelainan fisik namun tidak patah semangat membuktikan kepada orang-orang sekitar kalau dia special. Iya justru kekurangannya yang membuat dia mempunyai kelebihan yang bahkan gajah yang lainpun tidak memilikinya. Perjuangannya untuk menjadi special adalah karna dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya dengan tulus yang mampu mewujudkan impiannya. Aaahhhh... sempet berkali-kali berkaca-kaca Karna ternyata mamas menangkap pesan dari film itu, berkali-kali dia ngomong "kasian ya amam DUMBOny