Skip to main content

Bau Mulut...Yuk Kenali Penyebabnya (Day 10)

Bau mulut adalah hal yang paling dihindari semua orang apalagi saat bulan ramadhan seperti sekarang ini. Karna bau mulut dapat mengganggu penampilan kita. Jika tidak ditangani dengan serius, bau mulut akan semakin parah dan mengganggu kepercayaan diri. Di tulisan sebelumnya aku sudah membahas tentang pentingnya menyikat gigi dengan berbagi tips cara menyikat gigi yang benar di bulan ramadhan ini. Ternyata ini sangat berkaitan moms, gigi yang bersih otomatis menciptakan nafas yang segar.

Moms semua sudah mengetahui apa saja yang yang bisa menyebabkan bau mulut?

Apa saja hal yang harus di hindari agar bau mulut tidak terjadi?

Yuks moms kita cari tau lebih lagi untuk masalah bau mulut ini.


Bau mulut tidak sedap (halitosis) dapat disebabkan beragam hal. Namun penelitian menunjukan delapan puluh persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, atau masalah gusi. That's way aku selalu rajin menyikat gigi karna banyak sekali efek dari gigi berlubang diantaranya bau mulut ini moms. Untuk itu menjaga kesehatan gigi penting sekali untuk dilakukan terutama dibulan ramadhan ini.

Namun bukan hanya masalah kesehatan gigi dan gusi saja, ada masalah lain yang bisa mengakibatkan bau mulut diantaranya :

* Xerostomia adalah mulut kering yang terjadi karna gangguan produksi air liur akibat bakteri mulut yang menumpuk di rongga mulut.
* Penyakit Asam Lambung (GERD) gangguan pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung muncul. Ini juga menjadi salah satu faktor yang menghasilkan bau mulut.
* Sinusitis, yang menghasilkan post nasal drip atau cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.
* Merokok, tembakau dapat mengakibatkan nafas beraroma kurang sedap. Jadi mulailah dengan berhenti merokok agar nafas menjadi segar.
*Infeksi Gusi (infeksi periodontal) infeksi gusi ini cukup mengganggu karena terjadi di jaringan penyokong gigi.
* Radang tenggorokan, Bronkitis, serta Kanker Mulut. 

Meski bukan menjadi permasalah kesehatan yang serius, namun bau mulut sangat mempengaruhi tingkat rasa kepercayaan diri seseorang. Karna bau mulut bisa mengganggu hubungan seseorang dalam lingkup pergaulannya. Jangan sampai hanya karna bau mulut, moms kehilangan banyak moment bersama teman-teman dilingkungan moms.

Berikut beberapa cara agar terhindar dari bau mulut :

* Menyikat gigi secara bersih dan tuntas,
* Menggantu sikat gigi minimal dua bulan sekali,
* Perbanyak minum air putih,
* Menjaga kebersihan lidah,
* Jika memakai gigi palsu, lepas dan bersihkan gigi palsu jika sedang tidak dipergunakan, sehingga tidak ada kuman bakteri yang berkembang di gigi palsu,
* Rutin memeriksa gigi ke dokter minimal enam bulan sekali,
* Berhenti merokok dan kurangi kopi,
* Hindari minuman alkohol,
* Kunyah permen karet rendah gula,
* Gunakan bahan alami, kunyah kulit jeruk lemon, peterseli. Khasiat kedua bahan alami itu dipercaya ampuh mengatasi bau mulut.

Jika moms semua sudah mencoba cara diatas tapi masih mengalami bau mulut, moms harus segera datang ke dokter gigi agar diberikan perawatan khusus untuk mengurangi bau mulut. 

Semoga sharing ini bermanfaat ya moms.

See you soon :*


#bloggerperempuan
#30HariKebaikanBPN
#BPNchallenge2019
#day10
#BPNramadhanchallenge
#BPNnetwork
#BPNblogspotchallenge
#BPN30dayblogspot
#BPN30dayblogspotchallenge
#yabeginidehibuibu
#phsurvivor

Comments

Popular posts from this blog

SKY CASTLE (Review Drama Korea)

Beberapa hari ini hati merasa sedih resah karna berita hangat yang lagi banyak diperbincangkan kasus kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja perempuan kepada seorang remaja lain. Ironi ya moms... kasus ini sempat berujung damai dikarenakan salah satu dari para pelaku anak dari seseorang yang punya pengaruh besar di Pontianak. Lagi-lagi keresahanku makin menjadi karna sampai sekarang masih ada saja orang tua yang dengan kata lain tidak membiarkan anaknya "sakit" (di lindungi padahal melakukan kesalahan yang fatal-red) untuk mendapatkan pelajaran dari perbuatan penyimpangan yang mereka lakukan. Anak-anak itu dibiarkan sakit demi sebuah gelar nama orang tua. Adilkah? Rasanya pas sekali kalau aku sekalian share review aku tentang drama Korea yang bercerita tentang kehidupan keluarga di Korea. Sky Castle drama Korea keluarga yang di sutradara Jo Hyun-tak (20 episode) dibintangi oleh artis-artis Korea senior diantaranya : Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra &

Era Digital dimata amam Ana ^^

Semua serba mudah & cepat. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan handphone. Ngga ada alasan untuk ngga belanja bulanan, sekarang jamannya serba online, moms semua tetap bisa belanja bulanan walaupun dari rumah. Tidak ada alasan untuk ngga bisa pergi jauh karna kesulitan dengan masalah transportasi, jasa transportasi saat ini sudah lengkap dari mulai ojek online, taxi online, sampai mobil box untuk angkut semua packingan barang pindahan kita pun ada. Mau perawatan seperti disalon ngga perlu repot pergi ke salon, aplikasi jasa treatment salon pun saat ini ada, ngga punya tenaga lebih untuk membersihkan rumah, jangan sedih moms jasa bersih-bersih pun lengkap tersedia, dari mulai jasa membersihkan Ac, sofa, sampai hewan peliharaan. Bersyukur sekali bisa merasakan semua kemudahan ini berkat peran digital yang semakin berkembang di Indonesia. Peran digital pun juga sudah mempengaruhi perekonomian bangsa, banyak akhirnya tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari menjadi dr

Dumbo - Review Film

Sayangilah keluargamu & Jangan takut untuk bermimpi, iya...itu pesan yang aku tangkap dari film DUMBO ini. Film keluarga yang mempunyai pesan moral kehidupan yang bagus, senang sekali bisa ajak mas & mba sama-sama nonton film ini. Di film ini diceritakan impian sederhana dari seekor gajah yang special karna kekurangannya, keinginan terbesarnya hanyalah ingin bersama ibunya :* Dumbo terlahir dari ibu gajah yang menjadi anggota sirkus, dia special karna memiliki kelainan fisik namun tidak patah semangat membuktikan kepada orang-orang sekitar kalau dia special. Iya justru kekurangannya yang membuat dia mempunyai kelebihan yang bahkan gajah yang lainpun tidak memilikinya. Perjuangannya untuk menjadi special adalah karna dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya dengan tulus yang mampu mewujudkan impiannya. Aaahhhh... sempet berkali-kali berkaca-kaca Karna ternyata mamas menangkap pesan dari film itu, berkali-kali dia ngomong "kasian ya amam DUMBOny