Skip to main content

The Power of "MAAF"

Sebelumnya mohon maaf ya mom's jika tulisan aku kali ini bernuansa nyinyir atau ngejleb dihati, tapi memang nulisnya pake hati jadi penyampaiannya in sya Allah sampai ke hati, hihihihihi.... :D
Tidak ada maksud apapun dari tulisan ini, semoga semua yang baca bisa sama-sama belajar & teredukasi dari kata pendek Maaf yang berdampak luar biasa besar untuk hari-hari ke depan.

Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata MAAF adalah pembebasan seseorang dari hukuman (denda, tuntutan & sebagainya) karena suatu kesalahan.
Ehm..jadi maaf berbanding lurus dengan salah. Adanya permohonan maaf pasti diawali dari kesalahan. Lalu jika sudah melakukan salah tapi ngga mau minta maaf gimana ya mom's??

Mungkin mom's juga pernah merasakan hal semacam ini? misal..ada yang berbuat kesalahan dengan mom's namun tidak ada permohonan maaf, seperti angin lalu saja..pergi begitu saja tanpa rasa. Rasa enggan, malu, ngga enak atau rasa canggung pun tidak terlihat, santai saja. Berlalu begitu saja seperti lirik lagu cinta & seolah didunia ini hanya mereka yang punya hati serta perasaan, lalu kita yang merasakan dampak dari  kesalahan mereka terpaksa atau dianggap sudah terbiasa dengan perlakukan yang sebenarnya kurang menyenangkan untuk kita atau mungkin mereka merasa apa yang dilakukan bukan kesalahan besar jadi buat apa minta maaf. Ehm...aku tuh suka gagal paham sama yang beginian nih mom's :((

Sebenarnya MAAF juga termasuk salah satu magical word, untuk itu aku selalu mendidik mamas & mba untuk menjadi manusia perasa yang selalu minta maaf kesiapapun (kalo buat kesalahan), kalo mereka bikin teman mereka nangis, ngerusak mainan & suasana jadi kurang nyaman. Alhamdulillah...Mamas udah bisa bilang maaf ke amamnya kalo amamnya udah mulai bawel dirumah, walaupun habis itu dia bikin rumah jadi makin rame karna amamnya teriak lagi,  itu sesuatu yang berarti buat aku mom's setidaknya mamas sudah tau & merasa kalau dia buat kesalahan. Semoga selamanya mamas begini ya nak :D

Itu mamas yang umurnya baru 3thn, alhamdulillah mulai mengerti tentang kata maaf, lalu bagaimana dengan kita mom's?? sudahkah kita bilang maaf untuk suatu kesalahan yang sudah kita lakukan?? Mom's termasuk cukup peka atau tidak kalo sudah buat salah??

Aku mom's... boleh ditanya sama suami, aku orang paling sensitif & melo bin drama dirumah :D
So kalo ada sesuatu yang agak sedikit beda, aku pasti langsung bilang ke semua penghuni rumah
"amam bawel yah..maaf deh kalo amam salah"
abis itu, tetap...bawel lagi, hihihihi :D
(bercanda mom's)

MAAF kata pendek yang bermakna besar buat aku mom's, bisa membuat suasana jadi lebih nyaman & enak kedepannya kalau dibiasakan untuk diucapkan apapun kesalahan kita.

Lalu kenapa yah buat sebagian besar kata maaf sulit sekali dilakukan??
Pasti banyak sekali alasannya, mungkin karna tidak dididik atau dibiasakan dari kecil untuk selalu meminta maaf, mungkin juga ada unsur power juga, the power of gengsi...hihihihihi pease ahh..
GENGSI dong..masa minta maaf duluan sih, karna merasa lebih tua, lebih cantik, lebih kaya, lebih sholeha, lebih putih, lebih dari segala-galanya..bla..bla..bla.
(sedihhhh...)

Sedih ya mom's :((
Namun kenyataan ngga sesimple tulisan ini...banyak diluar sana yang makin kesini makin asik ngelakuin kesalahan tanpa perduli dengan dampak dari apa yang mereka lakukan. Mungkin karna mereka mengira semua orang sama seperti mereka, bisa memaklumi apa yang sudah mereka lakukan..atau mereka menganggap kita tidak selevel dengan mereka padahal kenyataannya ya... ngga juga, mungkin bentuk memang kita sama, sama-sama manusia namun hati kita sudah pasti berbeda...that's why kata MAAF itu penting buat kita manusia agar kita semua manusia yang diciptakan Tuhan di dunia ini bisa saling menghargai & saling hidup berdampingan.

KASIHAN kata untuk para perlaku yang tidak pernah merasa & tidak mau meminta maaf atas kesalahannya. Kenapa kasian karna ternyata pikiran mereka tidak sejernih apa yang telah mereka lakukan, dengan sadar mereka melakukan kesalahan seharusnya sejernih itu juga permintaan maaf itu ada, bukan malah menghilang ditelan bumi, yaudah...tenang aja...santai aja ngejalanin hari2 & tidur pulas setiap harinya padahal diluar sana ada hati manusia lain yang tersakiti.
Cepat atau lambat semesta bekerja atas semua kesalahan yang telah mereka lakukan, mungkin didunia ini kalian bisa duduk manis berlalu begitu saja, tidak merasa & masih bisa tidur dengan pulas setiap malamnya, tapi nanti suatu saat di alam lain, semuanya tidak ada yang terlewatkan...apapun kesalahan kalian ada tanggung jawabnya :D
((serem ngga sih mom's :(  ))

Semenjak jadi ibu & sudah mengalami pengalaman hidup yang masya Allah tabarakallah indahnya, jadinya sekarang aku punya ketakutan.. banyak ketakutan. Salah satunya ketakutkan merasa sebagai manusia benar...serius mom's aku takut sekali merasa paling benar, takut sekali menjadi semena-mena lalu seenaknya sehingga merendahkan kebenaran yang lain & menjadi merasa paling baik diantara yang lain. ((naudzhubillahimildzalik..jauh..jauh))

Semoga aku selalu komitmen untuk tidak pernah merasa gengsi bilang maaf & sebisa mungkin minta maaf kalau ada kesalahan yang udah aku lakuin mom's.
Walaupun Lebaran masih lama, tapi mumpung bahasnya tentang maaf, aku juga memohon maaf jika ada kesalahan dari aku yang sudah sengaja atau tidak sengaja aku lakukan ya mom's :)
((salim satu-satu :D))

Untuk semua...aku mohon maaf ya mom's jika ada kata-kata di tulisan ini yang nge jleb banget dihati, tidak ada niat apa-apa...tapi semoga sedikit tulisan ini bisa membuka sedikit hati kita semua untuk lebih peka & ngga gengsi lagi untuk meminta maaf :D

See you soon Mom's :*
#yabeginidehibuibu

Comments

Popular posts from this blog

SKY CASTLE (Review Drama Korea)

Beberapa hari ini hati merasa sedih resah karna berita hangat yang lagi banyak diperbincangkan kasus kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja perempuan kepada seorang remaja lain. Ironi ya moms... kasus ini sempat berujung damai dikarenakan salah satu dari para pelaku anak dari seseorang yang punya pengaruh besar di Pontianak. Lagi-lagi keresahanku makin menjadi karna sampai sekarang masih ada saja orang tua yang dengan kata lain tidak membiarkan anaknya "sakit" (di lindungi padahal melakukan kesalahan yang fatal-red) untuk mendapatkan pelajaran dari perbuatan penyimpangan yang mereka lakukan. Anak-anak itu dibiarkan sakit demi sebuah gelar nama orang tua. Adilkah? Rasanya pas sekali kalau aku sekalian share review aku tentang drama Korea yang bercerita tentang kehidupan keluarga di Korea. Sky Castle drama Korea keluarga yang di sutradara Jo Hyun-tak (20 episode) dibintangi oleh artis-artis Korea senior diantaranya : Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra &

Era Digital dimata amam Ana ^^

Semua serba mudah & cepat. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan handphone. Ngga ada alasan untuk ngga belanja bulanan, sekarang jamannya serba online, moms semua tetap bisa belanja bulanan walaupun dari rumah. Tidak ada alasan untuk ngga bisa pergi jauh karna kesulitan dengan masalah transportasi, jasa transportasi saat ini sudah lengkap dari mulai ojek online, taxi online, sampai mobil box untuk angkut semua packingan barang pindahan kita pun ada. Mau perawatan seperti disalon ngga perlu repot pergi ke salon, aplikasi jasa treatment salon pun saat ini ada, ngga punya tenaga lebih untuk membersihkan rumah, jangan sedih moms jasa bersih-bersih pun lengkap tersedia, dari mulai jasa membersihkan Ac, sofa, sampai hewan peliharaan. Bersyukur sekali bisa merasakan semua kemudahan ini berkat peran digital yang semakin berkembang di Indonesia. Peran digital pun juga sudah mempengaruhi perekonomian bangsa, banyak akhirnya tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari menjadi dr

Dumbo - Review Film

Sayangilah keluargamu & Jangan takut untuk bermimpi, iya...itu pesan yang aku tangkap dari film DUMBO ini. Film keluarga yang mempunyai pesan moral kehidupan yang bagus, senang sekali bisa ajak mas & mba sama-sama nonton film ini. Di film ini diceritakan impian sederhana dari seekor gajah yang special karna kekurangannya, keinginan terbesarnya hanyalah ingin bersama ibunya :* Dumbo terlahir dari ibu gajah yang menjadi anggota sirkus, dia special karna memiliki kelainan fisik namun tidak patah semangat membuktikan kepada orang-orang sekitar kalau dia special. Iya justru kekurangannya yang membuat dia mempunyai kelebihan yang bahkan gajah yang lainpun tidak memilikinya. Perjuangannya untuk menjadi special adalah karna dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya dengan tulus yang mampu mewujudkan impiannya. Aaahhhh... sempet berkali-kali berkaca-kaca Karna ternyata mamas menangkap pesan dari film itu, berkali-kali dia ngomong "kasian ya amam DUMBOny