Skip to main content

Ibu Rumah tangga atau ibu pekerja


Sebelum menikah dengan suami, ada beberapa hal yang kita berdua bicarakan, apakah aku boleh bekerja lagi setelah melahirkan nanti atau tidak adalah salah satunya, menjadi ibu rumah tangga memang keinginan aku dari awal, alhamdulillah suami pun berpikiran sama. Dan mungkin memang sudah takdirnya juga, setelah saya melahirkan anak pertama, si mamas pujaan hati amam..alhamdulillah gejala penyakit PH mulai tampak satu persatu

(gagal jantung, kaki bengkak, sesak nafas, untuk yang ini akan diceritain lagi diblog selanjutnya, heheheh :D ) 



Dibutuhkan recovery yang tidak sebentar jadi sesuai rencana awal setelah menikah, punya anak & jadi ibu rumah tangga (walaupun punya asisten rumah tangga, tapi tetap dirumah)
kenyataannya yang terjadi..jauhhhhh dari ekspektasi..ternyata rasanya luarrrr biasaaaaa sekali....
Begini toh rasanya jadi ibu2 rumah tangga :\
(itu kata2 yang saya ucapin ke suami) yang benar2 dirumah (speechless)
ngga segampang yang selama ini dibayangin, punya 2 balita, urus rumah, urus keperluan sehari-hari ini itu, dann aku kaget...shock...secapek ini kah? selalu ngeluh capek ... 



Padahal ada penolong si mba Asisten rumah tangga tapi ko masih ngeluh cape... heloowwwww :((

Ada yang ngga beres kan yah, ini tuh ngga beres mom's ko sama pilihan sendiri ngeluh terus...
Pernah suatu ketika ngerasa kaya rontok semua tulang karena terasa banget capeknya & rasanya kepingin banget berjemur di pasir pantai sambil minum ice tea... padahal udah dikasih banyak kemudahan tapi masih aja ada kurangnya...(astagfirullah) kurang apa lagi coba, padahal mba asisten rumah tangga yang urus keperluan sehari2 seperti masak & urusin semua keperluan mamas & mba udah kece banget kerjanya..



Ada apa dengan amam nih kalo begini terus ceritanyaa... hah!!!

Dikarenakan memang kesehatan juga belum stabil  seperti sekarang jadi bantuan dari luar memang masih diperlukan agar rumah aman terkendali, harus menerima keadaan ada asisten rumah tangga tapi tetap ada rasa aneh...terus merasa ada aja kurangnya...kenapa ada yang kurang terus sih...ini perasaan apa sih? :((
Berjalannya waktu diiringi mulai stabilnya PH aku.. mulai merasa ketidakberesan ini harus diakhiri,  sudah saatnya harus dicari nih pemecahan kegundahan hati ini, kenapa terus ada aja rasa yang kurang.. kenapa kurang puas, kurang ini itu...udah jelas banget kegelisahan aku harus segera ditemukan solusinya....
(gemes sendiri akunya)
Ko Aneh yah, kenapa ko malah puasan ngerjain sendiri yah... padahal leletnya bukan main & walaupun cape, tapi ko puas banget..akhirnya pelan2 mencoba ngelakuin sendiri dari mulai cuci piring walau sambil colok oksigen :~
((jangan kaget yah, emang udah  begini,ngga bisa diapa2in lagi :D ))

Pelan2 belajar nyapu walaupun kelamaan istirahatnya daripada nyapunya, pelan2 mulai mandiin mamas & mba gantiin pampers plus bersihin pup mereka, abis itu oksigenan lagi, pelan2 masak untuk sahur
((karna waktu itu ramadhan kejadiannya, kasian suami..setiap sahur harus keluar terus cari makanan di luar :{ )) seadanya buat suami walaupun rasanya ngga tau apa, tapi setelahnya puas aja hati aku.
((kalo yang follow aku di IG pasti tau deh, awal mulanya aku masak, menunya standar pake abis...sampe sekarang sih :D ada juga ko di highlights aku..follow juga boleh lho :D))
Bismillah...Pelan...dicoba terus...pelan...pelan...dicoba lagi...pelan..terus...lagi dicoba
((walaupun masih dibantu oksigen sesekali, ngga apa2)) pelan...terus dicoba lagi pelan...pelan...terus menerus dicoba lagi sampai akhirnya aku bisa ngelakuin semua tanpa bantuan oksigen & anehnya rasa kurang puas itu juga berkurang malah udah ngga ganggu aku lagi. Cape tapi plong...gelisahnya ilang jugaaa...
(joged pogo :D)
Masya Allah Tabarakallah






Ini point nya..semuanya kembali lagi ke pilihan & komitmen..saat aku memilih untuk menjadi ibu rumah tangga berarti apapun resikonya
(cuma satu sih, cape aja ngga boleh abis :D)
ya dinikmati & syukurin aja.
Yakin pasti dibantu semesta, kalau kitanya terus semangat, yakin & percaya in sya Allah akan terus di Ridhoi Allah
(aamiin aamiin Allahumma aamiin)
Memang ngga sesimpel yang diucapkan karna kenyataannya untuk beradaptasi dengan situasi seperti ini sulit, dari seorang pekerja kemudian dirumah menjadi ibu rumah tangga, iyaa...sulit sekali, harus pintar untuk putar otak gimana caranya agar pendapatan selalu lebih besar dari pengeluaran... belum ada rumusnya, tapi alhamdulillah semenjak jadi ibu2 ketemu sendiri ko triknya :))
Tingkat stres & menjaga kestabilan emosional pun juga harus dijaga terus, karna memang ngga gampang
((biasa punya penghasilan sendiri, terima gaji & pegang uang sendiri, sekarang tiba2 harus urus semua pendapatan suami untuk keluarga...pusing banget ya mom's ternyata...kebayang ngga gimana pusingnya urus negara  :~ ))




Mungkin karna itulah kita emak-emak sukanya belanja kali ya moms.. *kemudian cek dompet*
Istiqomah terus, karna istiqomah juga penting buat aku, walaupun sama sulitnya...ngga mudah, tapi penting..selalu istiqomah pas datang saat rasanya bener2 kepingin mundur.. Ada yang ngga boleh ketinggalan juga yaitu doa, selalu doa & selalu berfikir sebaik mungkin dengan cara selalu berdiskusi bersama suami apapun masalah yang dihadapi,
((saling menguatkan satu sama lain, kan patner in life))
Satu lagi hal simpel yang menguatkan aku, hal yang sederhana tapi efeknya luar biasa..hanya dengan melihat muka anak2...otomatis mood balik lagi, trus langsung semangat lagi untuk ini itu & balik ke komitmen awal.

Ini bukan hoax, beneran....saat mereka tidur trus aku pandangin wajah mereka, ngga tau kenapa luntur aja semua lara, gundah gulanah....udah ilang aja...sirna semuaaaaaa :D
Belum ideal, malah jauh sekali dari  sempurna, karna masih belum bisa sabar, belum bisa ngga teriak kalo kasih tau mamas & mba ini itu, masakan juga bisanya baru yang itu-itu aja buat suami & anak2, rumah juga rapihnya hanya itungan detik selebihnya lantai lengket karna tumpahan susu atau makanan mamas & mba, mainan bertebaran dimana2.....tapi menurut aku semua itu ngga masalah, aku happy happy aja entah kenapa akupun ngga tau, alhamdulillah malah merasa lebih sehat & stabil saat ini...

yup,alhamdulillah banget, mungkin inilah hasilnya, hasil dari keputusan aku berkomitmen dengan segala kekurangan aku, bukan ingin dipuji atau sok asik kaya Mario Teguh, tapi ini nyata, true storynya aku, strory of my life nya aku..jadi ngga ada unsur hoax.
Karna sebenarnya aku sadar ada hal yang lebih penting tercipta dari komitmen itu, yaitu bahagia. Cuma aku yang bisa rasain sendiri bahagianya menjadi ibu rumah tangga versi aku, aku ngerasa bahagia bisa ngelakuin semua itu buat keluarga kecil aku, beberes rumah, urus anak2, sampe masakin suami, ternyata malah hal seperti itulah yang bikin aku bahagia walaupun sesekali oksigen harus menemaniku,hihihi


Bahagia memang sesederhana ini buat aku.
Dengan segala kekurangan yang aku miliki setidaknya aku berusaha untuk menjadi ibu buat keluarga kecilku dengan versi aku, sekuat tenaga merawat anak2 & suami dengan segala keterbatasan aku.



Apapun pilihan kalian, ibu pekerja, ibu rumah tangga, ibu rumah tangga sambil bekerja apapun itu, jalanilah semua itu dengan sepenuh hati, karna aku yakin yang kita lakukan adalah semata2 hanyalah untuk keluarga tercinta kita tapi jangan lupa... berbahagialah juga untuk menerima segala kekurangan yang kita miliki apapun itu.
Kalau kita sudah mau mencintai kekurangan yang kita miliki sama dengan cinta kita dengan kelebihan kita, in sya Allah lebih banyak bahagia yang datang. Aku percaya & udah buktiin sendiri :))
((there can be miracle, when you believe, percis seperti nyanyian Tante Maria Carey))
(Masya Allah Tabarakallah)



Terus saling kasih semangat ya mom's ibu pekerja & ibu rumah tangga adalah pejuang bagi keluarga mereka masing2.. girl power 
Inget mom's yang penting happy..
Jangan lupa karna happynya individual berbeda2 jadi jangan pernah melihat kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaan yang harus kita rasakan juga, ingat kata kuncinya....
Bahagia hanya kita yang ciptakan..
Jangan lupa untuk selalu bersyukur :D



Follow juga ya mom's
Instragram & twitter aku
@Trianafebrianny

Comments

Popular posts from this blog

SKY CASTLE (Review Drama Korea)

Beberapa hari ini hati merasa sedih resah karna berita hangat yang lagi banyak diperbincangkan kasus kekerasan yang dilakukan sekelompok remaja perempuan kepada seorang remaja lain. Ironi ya moms... kasus ini sempat berujung damai dikarenakan salah satu dari para pelaku anak dari seseorang yang punya pengaruh besar di Pontianak. Lagi-lagi keresahanku makin menjadi karna sampai sekarang masih ada saja orang tua yang dengan kata lain tidak membiarkan anaknya "sakit" (di lindungi padahal melakukan kesalahan yang fatal-red) untuk mendapatkan pelajaran dari perbuatan penyimpangan yang mereka lakukan. Anak-anak itu dibiarkan sakit demi sebuah gelar nama orang tua. Adilkah? Rasanya pas sekali kalau aku sekalian share review aku tentang drama Korea yang bercerita tentang kehidupan keluarga di Korea. Sky Castle drama Korea keluarga yang di sutradara Jo Hyun-tak (20 episode) dibintangi oleh artis-artis Korea senior diantaranya : Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra &

Era Digital dimata amam Ana ^^

Semua serba mudah & cepat. Semua hal bisa dilakukan hanya dengan handphone. Ngga ada alasan untuk ngga belanja bulanan, sekarang jamannya serba online, moms semua tetap bisa belanja bulanan walaupun dari rumah. Tidak ada alasan untuk ngga bisa pergi jauh karna kesulitan dengan masalah transportasi, jasa transportasi saat ini sudah lengkap dari mulai ojek online, taxi online, sampai mobil box untuk angkut semua packingan barang pindahan kita pun ada. Mau perawatan seperti disalon ngga perlu repot pergi ke salon, aplikasi jasa treatment salon pun saat ini ada, ngga punya tenaga lebih untuk membersihkan rumah, jangan sedih moms jasa bersih-bersih pun lengkap tersedia, dari mulai jasa membersihkan Ac, sofa, sampai hewan peliharaan. Bersyukur sekali bisa merasakan semua kemudahan ini berkat peran digital yang semakin berkembang di Indonesia. Peran digital pun juga sudah mempengaruhi perekonomian bangsa, banyak akhirnya tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat mulai dari menjadi dr

Dumbo - Review Film

Sayangilah keluargamu & Jangan takut untuk bermimpi, iya...itu pesan yang aku tangkap dari film DUMBO ini. Film keluarga yang mempunyai pesan moral kehidupan yang bagus, senang sekali bisa ajak mas & mba sama-sama nonton film ini. Di film ini diceritakan impian sederhana dari seekor gajah yang special karna kekurangannya, keinginan terbesarnya hanyalah ingin bersama ibunya :* Dumbo terlahir dari ibu gajah yang menjadi anggota sirkus, dia special karna memiliki kelainan fisik namun tidak patah semangat membuktikan kepada orang-orang sekitar kalau dia special. Iya justru kekurangannya yang membuat dia mempunyai kelebihan yang bahkan gajah yang lainpun tidak memilikinya. Perjuangannya untuk menjadi special adalah karna dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya dengan tulus yang mampu mewujudkan impiannya. Aaahhhh... sempet berkali-kali berkaca-kaca Karna ternyata mamas menangkap pesan dari film itu, berkali-kali dia ngomong "kasian ya amam DUMBOny