Mencegah lebih baik daripada mengobati.
Mungkin ada beberapa dari moms yang mempunyai rules hidup untuk tidak berhubungan dengan Rumah sakit. Kalimat pepatah ini memang beneran deh moms, realitanya kalau sudah berhubungan dengan rumah sakit memang di butuhkan lebih banyak kesabaran dan banyaknya informasi. Kurang informasi dan kesabaran bisa membuat waktu kita terbuang banyak di rumah sakit.
Mungkin ada beberapa dari moms yang mempunyai rules hidup untuk tidak berhubungan dengan Rumah sakit. Kalimat pepatah ini memang beneran deh moms, realitanya kalau sudah berhubungan dengan rumah sakit memang di butuhkan lebih banyak kesabaran dan banyaknya informasi. Kurang informasi dan kesabaran bisa membuat waktu kita terbuang banyak di rumah sakit.
Hihihihihi....mungkin memang agak sedikit aneh ya moms ko urusan rumah sakit dijadikan bahan konten sih!! Bukan suatu kebanggaan karna akhirnya menjadi bersahabat dengan situasi di Rumah sakit moms, namun keresahan dihati karna selama aku dirawat beberapa tahun lalu dan saat kontrol setiap bulannya sampai sekarang masih ada saja yang belum paham tentang birokrasi Rumah Sakit, yang pada akhirnya membuang banyak waktu mereka seharian bahkan sampai disertai ledakan emosi karna merasa tidak dilayani dengan baik oleh pihak Rumah Sakit hanya karena salahnya pengertian dan kurangnya informasi yang didapat, jadi seperti melelahkan sekali energi terbuang tanpa ada hasil. Semoga pengalaman aku ini bisa menjadi informasi bagi moms yang sedang kesulitan atau masih bingung dengan informasi birokrasi suatu rumah sakit dan semoga juga ngga ada lagi waktu serta energi yang terbuang percuma saat di Rumah Sakit. Because sharing is caring, semoga bermanfaat ya moms ❤
Hal-hal terpenting dalam Birokrasi di Rumah Sakit diantaranya :
* Menentukan Pembayaran Terlebih Dahulu.
Sebelum moms ke Rumah Sakit, moms harus tentukan dulu, moms mau menggunakan biaya pribadi atau dengan jaminan kesehatan (asuransi kesehatan atau BPJS) karna biasanya setiap Rumah Sakit mempunyai birokrasi yang berbeda untuk setiap proses pembayaran, terlebih pengguna asuransi atau BPJS biasanya akan diminta kelengkapan dokumen pelengkap sebelumnya, seperti surat rujukan dari puskesmas sesuai faskesnya, hal penting lainnya juga harus diperhatikan moms, pastikan sudah membayar Asuransi dan BPJS tiap bulan nya. Jadi saat diminta oleh petugas saat lapor diri dihari H semua lancar terkendali, moms siap lapor diri. Semua proses ini aku sampai hapal karna memang di Rumah Sakit Jantung yang selama ini aku ditangani, untuk semua proses pembayaran baik pribadi maupun BPJS atau Asuransi untuk lapor diri semua dicampur dan masih ada saja kejadian chaos karna salah paham informasi. Jadinya akupun hafal untuk proses menggunakan asuransi atau BPJS ini, hihihihi :))
Sebelum moms ke Rumah Sakit, moms harus tentukan dulu, moms mau menggunakan biaya pribadi atau dengan jaminan kesehatan (asuransi kesehatan atau BPJS) karna biasanya setiap Rumah Sakit mempunyai birokrasi yang berbeda untuk setiap proses pembayaran, terlebih pengguna asuransi atau BPJS biasanya akan diminta kelengkapan dokumen pelengkap sebelumnya, seperti surat rujukan dari puskesmas sesuai faskesnya, hal penting lainnya juga harus diperhatikan moms, pastikan sudah membayar Asuransi dan BPJS tiap bulan nya. Jadi saat diminta oleh petugas saat lapor diri dihari H semua lancar terkendali, moms siap lapor diri. Semua proses ini aku sampai hapal karna memang di Rumah Sakit Jantung yang selama ini aku ditangani, untuk semua proses pembayaran baik pribadi maupun BPJS atau Asuransi untuk lapor diri semua dicampur dan masih ada saja kejadian chaos karna salah paham informasi. Jadinya akupun hafal untuk proses menggunakan asuransi atau BPJS ini, hihihihi :))
* Buat Jadwal Kedatangan.
Buat jadwal untuk bertemu dokter ini berlaku untuk kontrol saja moms, jika moms semua punya keadaan yang mendesak kondisi kesehatannya bisa langsung datang ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) agar moms bisa langsung di tangani oleh dokter jaga yang sedang bertugas dan moms semua bisa langsung mendapatkan perawatan.
Untuk perjanjian dengan dokterpun saat ini sudah lebih canggih, praktis dan mudah dilakukan moms, beberapa rumah sakitpun sudah ada sistem online yang aplikasinya bisa di instal langsung di android atau apple store, untuk yang belum ada sistem perjanjian online mom bisa menelfon Rumah Sakit yang akan moms datangi mom bisa bertanya jadwal dokter, jam praktek dan proses pembayaran yang moms nanti akan ajukan dengan jelas. Usahakan semua hal yang belum moms pahami tanyakan langsung, agar moms mendapatkan informasi sejelas-jelasnya.
Buat jadwal untuk bertemu dokter ini berlaku untuk kontrol saja moms, jika moms semua punya keadaan yang mendesak kondisi kesehatannya bisa langsung datang ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) agar moms bisa langsung di tangani oleh dokter jaga yang sedang bertugas dan moms semua bisa langsung mendapatkan perawatan.
Untuk perjanjian dengan dokterpun saat ini sudah lebih canggih, praktis dan mudah dilakukan moms, beberapa rumah sakitpun sudah ada sistem online yang aplikasinya bisa di instal langsung di android atau apple store, untuk yang belum ada sistem perjanjian online mom bisa menelfon Rumah Sakit yang akan moms datangi mom bisa bertanya jadwal dokter, jam praktek dan proses pembayaran yang moms nanti akan ajukan dengan jelas. Usahakan semua hal yang belum moms pahami tanyakan langsung, agar moms mendapatkan informasi sejelas-jelasnya.
* Siapkan Waktu, Perbanyak Kesabaran dan Saling Menghargai.
Ini penting dan selalu saja ada kejadian chaos setiap bulan pada saat aku kontrol. Masih ada saja beberapa orang yang ingin mendapatkan nomer panggilan jadwal awal pada saat lapor diri kepetugas padahal semua nama perjanjian sudah tertera dilengkapi dengan waktu kunjungan. Rasanya tidak adil dan kurang menyenangkan bagi yang sudah buat perjanjian dengan dokter menyiapkan waktu dari pagi hari lalu tiba-tiba diselak dengan berbagai alasan yang sebenarnya hanya ingin dapat nomer atrian awal dan yang menyedihkan, mereka datangnya juga telat... Marilah saling menghargai agar semua sesuai dengan jadwal yang telah diberikan dan agar semua bisa bertemu dan berkonsultasi dengan para dokter.
Ini penting dan selalu saja ada kejadian chaos setiap bulan pada saat aku kontrol. Masih ada saja beberapa orang yang ingin mendapatkan nomer panggilan jadwal awal pada saat lapor diri kepetugas padahal semua nama perjanjian sudah tertera dilengkapi dengan waktu kunjungan. Rasanya tidak adil dan kurang menyenangkan bagi yang sudah buat perjanjian dengan dokter menyiapkan waktu dari pagi hari lalu tiba-tiba diselak dengan berbagai alasan yang sebenarnya hanya ingin dapat nomer atrian awal dan yang menyedihkan, mereka datangnya juga telat... Marilah saling menghargai agar semua sesuai dengan jadwal yang telah diberikan dan agar semua bisa bertemu dan berkonsultasi dengan para dokter.
Tiga point itu point yang terpenting dalam birokrasi tentang Rumah Sakit, jika moms sudah tau dan paham kejadian chaos atau terbuang waktu terlalu lama in sya Allah ngga akan terjadi moms. Semoga moms semua yang sedang sakit atau sedang merawat keluarga yang sakit bisa diberikan terus kemudahan dalam segala proses birokrasi di Rumah Sakit dan semoga semua segera diberikan kesehatan dan pulih kembali.
"Jagalah kesehatan, karna Sehat kita akan nikmat menikmati waktu"
Semoga pengalaman aku dengan birokrasi Rumah Sakit ini bermanfaat ya moms.
See you soon :*
#BaladaBirokrasiRumahSakit
#PHsurvivor
#yabeginidehibuibu
#PHsurvivor
#yabeginidehibuibu
Comments
Post a Comment